Sunday, December 20, 2009

Salah satu widget menarik yang disediakan terutama untuk blogspot adalah sistem chatting langsung tayang yang dinamakan shoutbox (istilah lainnya chatterbox, tagboard atau saybox). Widget ini memiliki keistimewaan karena mudah digunakan dan siapapun dapat berinteraksi langsung dengan cepat dan instan. Pesannya tentu singkat karena memang diformat seperti itu, kalau pesannya panjang, biasanya sudah disediakan kolom komentar di bawah post atau bisa email langsung si empunya blog. Karena sifatnya yang cepat singkat padat, pesan yang sudah terlalu lama ngendon di bawah urutan akan dihapus perjumlah shout tertentu (ini tentunya untuk menghemat space di server supaya tidak kebanyakan).

Pemirsa! Pe... epe... mi... imir.... sa... asa, Pemirsa! Kali ini saya tidak menjelaskan panjang lebar karena kalau terlalu panjang kasihan ibu-ibu dan kalau terlalu lebar kasihan bapak-bapak. Cara untuk memajang shoutbox saya ceritakan di post berikut, untuk kali ini - saya tebar beberapa pilihan shoutbox. Anda bisa pilih salah satu sebelum nanti masuk ke acara berikutnya, yaitu memasang shoutbox di blog.

Monggo... dipilih-dipilih...

http://cbox.ws


http://www.yellbox.com


http://www.shout-box.com


http://saybox.co.uk


http://oggix.com


http://www.sbox.ws


http://www.shoutmix.com


Tentunya masih banyak pilihan jenis, bentuk, warna dan situs penyedia. Namun seperti biasa, saya batasi tujuh aja contoh yang dimunculkan, hehehe... Setelah menemukan yang anda suka, meluncurlah ke tkp - situs penyedia shoutbox maksudnya - lalu mendaftar / register di sana. Hanya dengan mengisi form standar, anda akan mendapatkan kode html yang bisa ditempatkan di widget anda dengan memilih gadget html / javascript. Lebih lengkapnya akan saya beberkan di post berikut.



Selamat memilih.
Categories: ,